ECLAIR

Jumat, 09 Oktober 2015

Eclaiir!! Love it so so much! Pastry yg masih sodara deket ama kue Soes ini emang menggoda bangeet! Tampilannya cantik, rasanya yummy banget, no wonder kalau di bakery store harganya bisa lumayan ^_^

Udah lama sebenernya pengen bikin Eclair. Tapii ga PD! Hehehe..soalnyaa bikin Soes juga kadang suka kempes di luar. Walau udah tau banget triknya, tapi karena suka ga sabaran ngeluarin kue dari Oven, akhirnya si Kue Soes kempes seeekempes2nya!

Naaah, kali ini bener2 merhatiin banget. Lama waktu oven dan fisik dr Eclair . PENTING!

1. Untuk tidak membuka pintu oven selama waktu pemanggangan. Udara yang masuk akan membuat Soes / Eclair gagal berkembang.

2. Perhatikan waktu memanggang dan suhu oven. Kenali oven masing2 yaaa...saya menggunakan oven listrik, memakai suhu 200°C  selama lebih kurang 30-35 menit, api atas dan bawah. JANGAN LUPA memanaskan oven terlebih dahulu yaaa sebelum kuenya masuk oven.

3. Perhatikaaan juga, keadaan Eclair atau Soes. Jika dia masih berkeringat, masih ada buih2 jangan mengeluarkan kue terlebih dahulu. Dijamin kempes diluar kalau masih berbuih sudah dikeluarkan. Buih harus hilang, atau minimal sudah memenuhi waktu panggang buih masih tersisa sedikit.

4. Langsung letakkan Eclair / Soes di cooling rack yaa, ketika sudah diangkat. Penting banget! Supaya uapnya hilang, sehingga kue tidak melempem.

5. Satuu lagiii...untuk pemakaian telur tergantung besar kecilnya telur. Jika di resep dibutuhkan 4 telur, tapi anda memakai telur yg uk. Besar, maka baiknya cukup gunakan 3 telur saja. Adonan dari pastry yg satu ini adalah kental, tidak cair. Ketika dibentuk dengan spuit, dia akan membentu cetakan spuit yg kita gunakan.

Demikian sedikit notes dari saya, selama pengalaman bikin kue Soes. Pokoknya bikin kue ini ga cukup sekali pratek buat dapetin hasil yg sempurna ^_^.

Oke deeh, ga pakek panjang2 lagi ini resepnya yaa. Saya pake resep NCC. Oh iyaah, untuk Vla nya ga saya sertakan ya. Silahkan browsing untuk resep Vlanya, atau bisa gunakan resep Vla favorit anda.

Here we go!

ECLAIR
SOURCE : NCC
REBAKED : MEI

BAHAN :

200 ml air
1 sdm gula pasir
125 gr mentega
150 gr tepung protein tinggi atau sedang
4 butir telur

DCC , lelehkan untuk hiasan
Sprinkle secukupnya untuk hiasan.

HOW TO :

1. Rebus air, gula pasir dan mentega hingga mendidih. Matikan api.

2. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan sendok kayu hingga kalis. Dinginkan.

3. Tambahkan telur, aduk rata dengan sendok kayu.

4. Masukkan adonan ke dalam kantong plastik segitiga. Gunakan spuit di ujungnya. Semprotkan adonan ke atas loyang yg telah diolesi mentega atau dilapisi baking paper. Beri jarak.

5. Panggang dalam oven suhu 200°C. Selama lebih kurang 30-35 menit.

6. Dinginkan kue di atas cooling rack. Setelah dingin isi dengan Vla. Lalu celupkan bagian atasnya ke atas DCC leleh. Taburi sprinkle.

Untuk 22 buah

BON APPETITE! ^^

0 komentar:

Posting Komentar

MyBakingWorld Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino