GABUS KEJU

Kamis, 19 November 2015

Emang namanya kalo lagi niat ya udah lakuin aja hihi. Padahal PR banget melintingin kue gabus ini. Tapiiii..udah kepengen cemal cemil, dan rasanya kok ya gatel banget pengen bikin2 hehehehh..

Ya udaaah, nemu resep ini di grup masak Langsung Enak. Langsung saya praktekin.

Sebenernya sempet ragu2 beberapa kali pengen praktek kue gabus. Soalnya dulu pernah punya pengalaman ga enak. Ceritanya bikin kue ini sama kakak, eeh..pas goreng adonannya ga kita cemplungin dulu ke minyak dingin, langsung ke minyak panas. Alhaasiil itu kue meledak2, minyak panasnya kena tangan kakak saya huhuhuhu! Setelah sekian lama akhirnya baru berani coba lagi.

Inget pengalaman dulu, tadi adonannya saya rendam dulu di minyak dingin, lalu dimasukkan ke minyak panas. Itu juga sempet jauh2an ama wajan, soalnya trauma! Alhamdulilllaaah amaaan, kuenya ga meledak2 dan matang dengan sempurna! Yeeeaaay!! ^_^

Soal rasaa? Enyak bingits! Soalnya saya pakek keju edam ada sisa sedikit, lalu campur juga pake keju cheddar, hasilnya ngejuuuu banget! Kuenya renyaaah. Pokoknya ga sia2 melintingin ni kue, puas sama hasilnya! ^_^

Oke deh, ini resepnya yaaaa :

GABUS KEJU
SOURCE : GRUP LE
RECOOKED : MEI

BAHAN2 :

250 gr tepung sagu /tapioka
2 butir telur
100 gr keju cheddar parut ( saya 90 gr keju edam + 50 gr keju cheddar )
50 gr margarin
1/4 sdt garam.

HOW TO :

1. Haluskan telur, keju, mentega dan garam. Bisa dengan blender, food processor, atau mixer.

2. Masukkan tepung sagu dalam wadah, buat lubang ditengah2. Lalu masukkan adonan keju tadi. Aduk2 dan uleni hingga adonan kalis.

3. Bentuk adonan, lalu cemplungkan ke dalam minyak dingin. Lakukan sampai adonan cukup untuk masuk dalam wajan 1x goreng.

4. Panaskan minyak banyak dalam wajan dengan api sedang. Lalu goreng adonan yg sebelumnya sudah direndam dalam minyak dingin. Goreng hingga matang. Tandanya sampai buih adonan saat digoreng sudah hampir hilang.

5. Dinginkan kue, tempatkan dalam wadah kedap udara.

HAPPY CEMAL CEMIL! ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

MyBakingWorld Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino