BANANA SPONGE CAKE (WITH CHOCOCHIP)

Jumat, 20 November 2015

Rasanya puaas banget kalau baking hasil akhirnya bagus! Tekstur kue mengembang sesuai dengan yg dimau, kue matang sempurna, tanpa retakan di bagian atas kue.

Sore ini saya baking Banana Cake. Ceritanya ada pisang sunpride 3 biji yang udah kematengan banget. Ya udah, dibikin aja cake ini. Cari2 resep akhirnya pilihan jatuh ke resepnya mba Ricke Indriani. Soalnya saya lagi kepingin cake yang ringan, tekstur nya ga padet. Dari namanya "sponge cake" langsung kebayang hasil akhirnya bakal seperti yg saya mau.

Mulailah nyiapin bahan2nya. Baca resep baik2 soalnya saya ga mau gagaaaal. Kelemahan saya nih, kalau bikin sponge cake seringkali ga sabaaran dalam mengocok telur dan gula, hingga hasilnya kue ga maksimal :(. Padahal kunci Sponge Cake ya pada saat pengocokan telur tadi. Adonan telur harus benar2 kental, mengembang putih. Tandanya, jika mixer diangkat, adonan tidak gampang jatuh dari mixer.

Lalu, saat mengaduk terigu dan mentega. Harus dengan spatula dan tekhnik aduk balik. PENTING! untuk benar2 memastikan bahwa terigu dan mentega sudah tercampur rata, menyatu dengan adonan, agar cake tidak bantat.

Terus juga, saya benar2 mematuhi saat pembakaran. Karena adonannya tebal, agar matang merata, suhu hanya 160°C api bawah saja, lalu pada 10 menit terakhir saya nyalakan api atas, agar bagian atas cake kering. Jangan lupa panaskan ovennya dulu yaaa, sebelum kue masuk.

Aannd setelah benar2 mematuhi resep.... voilaaa! Banana Sponge Cake saya hasilnya cakep! Puaaas banget rasanya! Soal rasa pastinya enak banget! Pisangnya harum, tekstur kue lembut, ga terlalu manis, dan chocochip yg saya tambahkan menambah cita rasanya! ^_^

Hokay, buat yg mau melatih ilmu per-baking-annya, monggo disimak resepnya yaa..patuhi resep, insyaAllah hasil akhir memuaskan! ^_^

BANANA SPONGE CAKE (WITH CHOCOCHIP)
SOURCE : RICKE INDRIANI
REBAKED : MEI

BAHAN2 :

500 gr pisang cavendish atau ambon yg sudah matang benar, lumatkan.
50 ml susu cair
4 Butir telur uk. Besar
100 gr gula pasir
100 gr brown sugar (kalau ga punya brown sugar bisa memakai gula pasir saja. Jadi gula pasirnya sebanyak 200 gr)
1/4 sdt garam
300 gr tepung terigu serba guna (segitiga biru)
25 gr maizena
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
200 gr margarin, lelehkan dinginkan
1 sdt vanili essence
Chocochip secukupnya (tambahan saya sendiri)

HOW TO :

1. Panaskan oven 160°C. Siapkan loyang tulban diameter 23 cm. Olesi mentega dan taburi terigu tipis2, sisihkan.

2. Ayak terigu, maizena, baking powder, baking soda. Sisihkan.

3. Lumatkan halus pisang, saya cukup dengan garpu. Tambahkan susu cair. Sisihkan.

4. Kocok telur, gula pasir, brown sugar dan garam hingga kental dan mengembang.

5. Masukkan campuran pisang ke dalam adonan telur dalam 2 tahap. Aduk rata dengan spatula. Aduk searah teknik aduk balik.

6. Masukkan campuran tepung terigu, dalam 3 tahap. Aduk rata dengan teknik aduk balik.

7. Tambahkan mentega cair dan vanilli essence, aduk rata. Pastikan benar2 tercampur rata, jangan sampai ada mentega yg masih tertinggal di dasar adonan.

8. Masukkan chochip, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang, lalu ketuk perlahan loyang, taburi lagi chocochip.

9. Panggang selama kurang lebih 50 menit. Lakukan tes tusuk.

ENJOY! ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

MyBakingWorld Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino