MOLTEN LAVA CAKE

Minggu, 06 September 2015

Hari ini anter anak2 ke toko buku Gunung Agung. Seperti biasa, saya selalu nyamperi  ak buku tempat resep2. Belum tentu beli sih...liat2 aja kali ada yg menarik hati hihi..

Tiba2 si sulung mas Ihsan nunjukin buku resep Molten Lava Cake, dan minta bikinin kue itu. Sebenernya udah lamaaaa siih ngumpulin resep, liat you tube belajar bikin dessert yg satu ini. Ga susah bikinnya, cuman satu yg harus bener2 diperhatiin adalah lama waktu memanggang, supaya bisa dapetin "lava" yg mengalir cantik ketika kuenya dipotong.

Pilihaan jatuh ke resep milik Gordon Ramsay. Kenapaaa? Soalnya telornya ga terlalu banyak, bikinnya jg ga ribet. Karena saya belum punya ramekin, saya pakai loyang kecil seukuran ramekin diameter 8 cm tinggi 4 cm.

Saya pakai oven listrik merk Kirin, dengan suhu 200°C dipanaskan terlebih dahulu, lalu waktu memanggang selama +/- 17 menit.

Okeey, yuk dicek resepnya. For chocolate lovers this cake is a very2 recommended one! ^_^

MOLTEN LAVA CAKE
BY : CHEF GORDON RAMSAY
RECOOK BY : MEI

BAHAN :

100 gr Dark Cooking Chocolate
100 gr butter
2 butir telur
2 butir kuning telur
100 gr gula halus
85 gr tepung terigu serba guna
15 gr bubuk coklat ( di resep asli tidak ada)

HOW TO :

1. Olesi ramekin dengan butter. Taruh di dalam kulkas hingga membeku. Keluarkan, lalu olesi lagi dengan butter dan taburi coklat bubuk. Sisihkan.

2. Lelehkan DCC dan butter, sisihkan.

3. Kocok telur dan gula halus hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu yg diayak bersama coklat bubuk. Kocok dengan speed rendah atau aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

4. Masukkan campuran DCC dan butter, secara bertahap (saya 3x tahap). Aduk sampai rata.

5. Tuang adonan ke dalam ramekin atau loyang. Lalu taruh di dalam kulkas selama 20 menit.

6. Panaskan oven suhu 200°C. Panggang kue selama 10-12 menit. Saya 17 menit ya, tergantung dr oven masing2 dan besarnya cetakan. Perhatikan saat kue sudah mulai set atasnya artinya kue sudah matang. Kenali oven masing2 ya :)

7. Keluarkan kue dr Oven, seset pinggir cetakan dengan pisau secara perlahan. Lalu tuang kue ke atas piring saji. Taburi atasnya dengan gula halus.

ITADAKIMASU!! ^_^

NOTE :

* Adonan ini bisa disimpan di dalam kulkas, jika tidak ingin memanggang sekaligus. Bisa tahan 1 bulan jika diletakkan di dalam freezer. Tentunya saat akan dipanggang, didiamkan dulu pd suhu ruang.

* Untuk cetakan yg saya pakai, kue ini jadi sebanyak 3 buah.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas resepnya mbak, ini menggunakan api atas dan api bawah atau api bawah saja mbak?

Posting Komentar

MyBakingWorld Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino