TIRAMISU (NO EGG)

Kamis, 24 Maret 2016

HeyHo! Kalii iniii aku mau posting dessert ala2 Italia. Yup!! Tiramisu! Hihi

Dari dulu sebenernya kepengen bikin, tapi kebanyakan mikir jadi kepending terus 😆
Raguu, soalnya dari yang aku tahu si Tiramisu ini bahannya pakek kuning telur yang hanya dikocok di atas air panas. Karena aku rada-rada ga pede kalo makan telur setengah mateng gitu, jadi maju mundur syantik deh mau eksekusi 😆😆😆

Tapiiii, ternyata oh ternyata akibat terlalu seringnya sayah bergaul di dumay grup masak (tau kan dumay? 😆), akhirnyaaa sayah menemukan resep tiramisu tanpa telur! Yess! Dengan membulatkan tekad! Beli bahan-bahan yang rada- rada menguras dompet (ga apa lah yaaa sekali2 😆), but its trully worth it! This dessert is soooooo yummy!

Biar praktis karena mau dibawa ke rumah ibu, aku pakek wadah alumunium foil ukuran 20x20. Resep yang aku bikin ini jadi 2 wadah alumunium foil uk tersebut yaaa.

Sebenernya ini kue guampang banget, resiko gagal nihil. Tapi emang agak ribet untuk bikin layer dan bahan2 di tiap layer.

Aku di layer pertama pakai sponge cake, lalu dioles krim, lalu pakai lady finger yang siap pakai.

Yaw daaah, yuk ah disimak resepnyaa..kali mau bikin jugaa😊.

TIRAMISU (NO EGG)
SOURCE : NIEN ING (SPONGE CAKE)
                 RINA RINSO (CREAM)
REBAKED & MODIFIED : MEI

I. 1 pack lady fingers siap pakai. Aku beli di TBK merk Vicenco. 1 pak harganya 25 ribu.

II. SPONGE CAKE

Resep dibawah ini adalah ukuran 1/2 ya dari resep asli. Karena aku hanya menggunakan loyang kotak 20x20x4. Resep asli pakai loyang 30x30x4.

BAHAN 1

3 butir telur
50 gr gula pasir
7 gr emulsifier
Kocok ketiga bahan tersebut hingga kental berjejak

BAHAN 2

Ayak:
40 gr tepung terigu serba guna
15 gr cocoa powder
(Resep asli hanya menggunakan 110 gr tepung terigu)

BAHAN 3

Lelehkan : 50 gr butter (saya pakai margarin)

FINAL STEP

1. Tuang BAHAN 2 , ke dalam BAHAN 1, Aduk balik dengan spatula hingga rata. Lalu tuang BAHAN 3, aduk sampai benar2 rata.

2. Tuang Adonan ke dalam loyang yg sudah dioles mentega dan taburi tepung terigu. Panggang dengan suhu 180°C hingga matang, tes tusuk.
Angkat lalu dinginkan, belah menjadi 2. Karena aku pakai untuk 2 wadah tadi.

III. TIRAMISU CREAM

Resep yang aku tulis dibawah juga hanya 1/2 yaa dari ukuran resep asli. Kalau mau lebih jelas, monggo dibrowsing ya 😊

BAHAN2 :

250 gr mascarpone cheese (aku pakai merk Tatua)
200 gr whip cream bubuk (aku pakai merk Haan. Kocok dengan 400 ml air dingin hingga soft peak)
*di resep asli memakai 300 ml whip cream cair
1 sdm gula halus

Setelah whip cream dikocok soft peak, bagi 2 whip cream. Yang setengah bagian aku masukkan ke pipping bag untuk hiasan, dan setengahnya lagi aku tambahkan mascarpone cheese dan gula halus. Kocok rata.

IV. SIROP KOPI

2 sdm kopi nescafe classic instant (aku pakai yg sachet kecil 3 buah)
1 sdm gula pasir
250 ml air hangat

Larutkan ketiga bahan tersebut.

PENYELESAIAN TIRAMISU

1. Dalam wadah, letakkan sponge cake di lapisan bawah. Lalu perciki dengan sirop kopi. Bisa menggunakan kuas, atau dengan sendok juga ga apa. Yang rata yaa biar mantep rasa kopinya 😊

2. Lalu, olesi atas sponge cake dengan cream tiramisu. Tidak usah terlalu tebal ya, asal rata. Sayah memastikan agar cream cukup untuk 2 wadah.

3. Lalu, celupkan lady fingers ke dalam sirop kopi. Jangan terlalu lama, asal celup saja. Karena si lady fingers ini mudah hancur terkena air. Susun di atas lapisan cream, sampai menutupi wadah.

4. Olesi lagi lapisan yang telah tertutup dengan lady fingers dengan cream tiramisu. Jika sudah, boleh dihias dengan whip cream lalu taburi cocoa powder. Atau mau langsung ditaburi cocoa powder juga tak apa.

5. Masukkan kulkas yaa! Best served when its chilled! Noom nooom! Lupakan timbangaan sejenaaaak! 😄😄😄

Moga jelas yaaa step2nya kalo ada pertanyaan (PD amad 😂) , boleh add FB sayah Mei Rani. Lets be friend! 😊

And ENJOY your TIRAMISU! 😙😙😙

0 komentar:

Posting Komentar

MyBakingWorld Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino